Sabtu, 07 Mei 2016

Class Six Plastisin

Standard
A. LATAR BELAKANG Play dough atau clay adalah nama lain dari lilin atau “malam” yang biasa digunakan anak-anak untuk bermain. Dengan play dough atau clay ini anak-anak bisa membuat aneka bentuk yang diinginkan sesuai dengan imajinasinya. Permainan ini merupakan dasar dari keterampilan menulis ( Segmun Freud ) seorang ahli dalam bidang pendidikan. Selain itu permainan ini juga dapat merangsang keterampilan motorik anak.

Di kelas VI dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA pada Kompetensi Dasar atau KD : Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak. Yang menjadi indikator nya adalah membuktikan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda. Maka dibuatlah percobaan membuat paly dough atau clay dari bahan yang murah meriah dan mudah di dapatkan, salah satunya bahan dasarnya adalah terigu.

Play dough atau clay yang kita ketahui yang beredar di pasaran adalah play dough atau clay yang berasal dari bahan lilin bahkan sebagian ada yang berbahan parafin dan minyak tanah serta pewarna tekstil yang dapat membahayakan kesehatan. Selain itu harga play dough atau clay yang aman untuk kesehatan dipasaran harganya cukup mahal. Oleh karena itu dilakukan lah percobaan dari bahan yang mudah di dapatkan dan murah serta aman, yakni terigu berdasarkan hasil seraching via internet.

Yang menjadi tujuan dari pembelajaran kali ini selain membuktikan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda pada pelajaran IPA juga dapat di tema kan pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan atau SBK. Sehingga kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan dapat terlaksanakan dengan baik.

 

B. ALAT DAN BAHAN ALAT :

1. Jarum pentul

2. Mangkuk besar

3. Sendok


BAHAN-BAHAN :

1. Terigu

2. Pewarna makanan

3. Garam

4. Minyak goreng

5. air


C. CARA MEMBUAT

1. Masukan 2 sendok minyak goreng ke dalam mangkuk

2. Campurkan 250 cc air

3. Masukan satu sendok kecil garam

4. Masukan 1 sendok kecil pewarna makanan

5. Aduk hingga merata

6. Masukan ¼ terigu ke dalam adonan tadi

7. Aduk hingga kenyal dan bisa dibentuk

8. Biarkan adonan selama 10 menit

9. Adonan siap dibentuk menjadi bentuk-bentuk lucu.

D. FOTO-FOTO KEGIATAN 









0 komentar:

Posting Komentar